Tuesday, 11 September 2012

KERUSAKAN LINGKUNGAN YANG DISEBABKAN OLEH MANUSIA


Assalamualaikum.. Warahmatullahi Wabarakatuh...

Alhamdullilahhi robil alamin wabihi nas tainu wa’ala umurid’dunya wadin waala alihi wasahbihi azmain. amabadu

yang terhomat Ibu guru Qur an Hadits, serta rekan-rekan sekalian yang saya banggakan.

Puji dan syukur marilah Kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas izinnya kita semua dapat berkumpul di ruangan kelas ini yang insya Allah dalam keadaan sehat wal afiat.

Pada kesempatan ini Saya akan mengulas sedikit tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia.

Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang sempurna Dari mahluk hidup lainnya. Namun sayang, seringkali apa yang dilakukan oleh manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia baik dalam teknolgi, industri, dan lain sebagainya. Tetapi, hal itu membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup, misalnya seperti pencemaran lingkungan limbah pabrik, polusi udara, banjir, serta penebangan hutan.

Bencana bencana sudah terjadi hampir di seluruh penjuru dunia. Sebut saja negara kita sendiri, Indonesia. Negara yang terkenal akan kehijauannya. Negara yang terkenal dengan kepulauannya. Negara yang terkenal dengan budayanya. Segalanya hilang dalam sekejap karena ulah manusia. Pembuangan sampah di sungai, Penebangan hutan secara liar, penggunaan rumah kaca, penggunaan pestisida yang berlebihan dan masih banyak lagi yang telah dilakukan masyarakat Indonesia. Semua itu membuat Indonesia kehilangan kehijauanya, pulau pulaunya dan lain sebagainya. Jika perbuatan tersebut tidak dihilangkan, maka anak turun kita takkan pernah melihat Indonesia yang makmur. Naudzubillah…

hadirin yang Berbahagia...

Ada setidaknya 12 bencana besar yang terjadi karena ulah manusia yang telah di data oleh para peneliti di dunia. Bencana bencana tersebut adalah bencana yang telah terjadi sejak tahun 1971 hingga sekarang. Tiga diantaranya yang terbesar adalah :

1. Pada tanggal 26 April 1986, Pembangkit Listrik Nuklir Chernobyl meledak dan melepaskan material radioaktif ke udara sehingga mencemari wilayah hingga jutaan mil persegi. 49.000 warga yang tinggal dekat reaktor, Pripyat, terpaksa mengungsi seluruhnya. Dua dekade kemudian, kota ini menjadi kota hantu dan ditelan oleh hutan pepohonan di sekitarnya.


2.   Proyek irigasi Uni Soviet yang berasal dari Laut Aral telah menguras air laut dalam jumlah sangat besar. Kini, beberapa bagian laut itu kering dan terbelah menjadi dua laut yang lebih kecil. Perahu nelayan banyak yang kandas, sebagian menjadi gurun tandus yang luas dan terkontaminasi.



3. Pada bulan November 1995 sekawanan angsa bermigrasi dan mendarat di Berkeley Pit, sebuah lokasi penambangan tembaga yang danaunya diisi lebih dari 40 milyar galon air asam dan logam berat. Setelah badai beberapa hari serta kabut, burung-burung itu gagal melanjutkan perjalanan dan 342 ekor ditemukan mati.



Ketiga bencana itu memakan banyak korban jiwa dan harta. Bencana yang besar saja sudah ada 12 lebih, bagaimana dengan yang kecil? Banjir, tanah lonsor, kebakaran hutan sudah 100 bahkan 1000 kali terjadi di seluruh daerah mulai dari desa yang terpencil hingga kota metropolis. Segala bencana yang terjadi tak lain dan tak bukan adalah ulah manusia sendiri. Seperti yang sudah diterangkan dalam Al Qur an Surat ar Rum ayat 41 yang berbunyi.. :

Yang artinya telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali.

Hadirin Yang Berbahagia…

dari Ayat tersebut, sudah jelas kita sebagai manusia memegang andil besar dalam kemakmuran alam. Bencana yang terjadi berasal dari kerusakan alam, dan kerusakan alam terjadi karena ulah manusia. Segalanya berawal dari manusia. Manusia yang berkelakukan baik akan mendapatkan alam yang baik. Begitu pula sebaliknya, manausia yang nakal dan tidak bertanggung jawab akan menapatkan alam yang rusak pula..

Saya akan memperlihatkan gambar keadaan alam ketika beberapa tahun yang lalu, ketika belumbanyak terjadi kelakuan manusia yang tidak bertanggung jawab dan keadaan alam Indonesia sekarang.

Sungguih sangat berbeda bukan? Apa kalian ingin melihat bumi kita khususnya negara kita mengalami hal ini terus menerus?

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita semua sama-sama menjaga dan merawat lingkungan alam kita mulai dari hal yang terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya, karena dampak dari kerusakan lingkungan yaitu sangat berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari dan merugikan bagi generasi-generasi penerus, kalau bukan kita (manusia)yang merawat siapa lagi?

Saya cukupkan pidato ini, bila ada perkataan yang kurang berkenan di hati rekan-rekan sekalian saya mohon maaf, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah seorang dan kesalahan milik saya pribadi.

Wabillahi taufiq wal hidayah

Wasalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

0 Comment:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More